Minggu, 09 Januari 2011

Laporan PKL


Kata Pengantar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan ”Laporan Hasil Praktek Kerja Industri (Prakerin)” yang telah dilaksanakan mulai tanggal 15 juni 2009 s/d 14 agustus 2009 di Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten ( Bank Jabar Banten) cabang Bogor.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan hasil Prakerin ini, diantaranya yang terhormat:
1. Bpk. Ade Kuswanda Rudianto selaku kepala SMK Negeri 1 Bojonggede
2. Bpk. Edi Surjadi K. selaku Pimpinan Cabang Bank Jabar Banten Cabang Bogor
3. Ibu Yati Martadipura selaku pinsi. Pelayanan Bank Jabar Banten Cabang Bogor
4. Bpk. Asep Sunendar selaku pinsi. Administrasi umum Bank Jabar Banten Cabang Bogor
5. Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri 1 Bojonggede yang telah memberikan dukungan dan motivasi secara moril
6. Ibu Dela selaku Siti R. selaku sekretaris di Bank Jabar Banten Cabang Bogor
7. Ibu Lina Riswina A. selaku pembimbing kami yang telah memberikan saran-saran dan pengarahannya dalam melaksanakan Prakerin maupun dalam penyusunan laporan
8. Orang Tua Penulis yang telah memberi nasehat, semangat dan do’a kepada penulis
9. Dan juga kepada rekan dan rekanita yang telah memberi motivas dan dorongan kepada penulis sehingga laporan hasil Prakerin ini dapat dirampungkan.
Walaupun laporan hasil prakeri ini telah selesai, namun penulis menyadari sepenuhnya bahwa didalamnya masih terdapat banyak kekurangan, kekurangan tersebut karena keterbatasan pengalaman, pengetahuan, kemampuan, waktu serta tenaga. Oleh karena itu, kritikdan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi penyempurnaan penulisan dimasa mendatang.
Penulis berharap semoga tulisan yang sangat sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi diri penulis sendiri maupun bagi para pembacanya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Bogor, Agustus 2009
Penyusun


Enjum Hari






IDENTITAS SISWA
SMK NEGERI 1 BOJONGGEDE
Jln. Raya Perum Pura Bojonggede Desa Cimanggis Kp.Cipeucang Kec. bojonggede Kab. Bogor


Nama : Enjum Hari
Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 26 juni 1991
Alamat Rumah : Ds. Sasak Panjang RT. 05/RW. 04, Kec. Tajurhalang Kab. Bogor
Sekolah : SMK Negeri 1 Bojonggede
Alamat Sekolah : Jl. Raya Perum Pura Bojonggede, Ds. Cimanggis Kec. Bojonggede Kab. Bogor
Kelas : XII
Kejuruan : Akuntansi
NIPD : 1 0700007
No. Telepon/HP : 087770094148





IDENTITAS PERUSAHAAN
BANK JABAR BANTEN
Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Cabang Bogor


Nama Perusahaan/Instansi : Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Cabang Bogor
Bidang Usaha/kegiatan : Perbankan
Alamat : Jalan Kapten Muslihat no. 11-13, Kota Bogor.
No. Telepon :
No. Faximili :
Nama Pimpinan : Bpk. Eddy Surjadi K.
Nama Instruktur :
1) Asep Sunendar tlp.
2) Della Siti R. tlp .............
3) Lina Riswinta A. tlp





LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN
BANK JABAR BANTEN
Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten-Cabang Bogor


telah diperiksa dan disetujui pada:
Hari :
Tanggal :
Tempat :
Pembimbing I Pembimbing II

Dela selaku Siti R. Lina Riswina A.
Mengetahui


Menyetujui
Pinsi. Administrasi Umum



Asep Sunendar





LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
SMK NEGERI 1 BOJONGGEDE
Jln. Raya Perum Pura Bojonggede Desa Cimanggis Kp.Cipeucang Kec. bojonggede Kab. Bogor


telah diperiksa dan disetujui pada:
Hari :
Tanggal :
Tempat :

Ketua Program Akuntansi Guru Pembimbing
Cipta Adi Nugraha Yuni Kurniawati
NUPTK.





Kepala SMK Negeri 1 Bojonggede



Drs. Ade Kuswanda Rudianto
NIP.





Daftar Isi

Kata Pengantar..............................................................................................i
Identitas Siswa.............................................................................................iii
Identitas Perusahaan................................................................................ iv
Lembar Pngesahan Perusahaan.....................................................................v
Lembar Pngesahan Sekolah..........................................................................vi
Daftar Isi..................................................................................................vii

BAB I PENDAHULUAN ................................................................................ 1
1.1 Latar Belakang .......................................................................................1
1.2 Rumusan dan Batasan Masalah ...............................................................3
1.3 Tujuan Penulisan ....................................................................................3
1.4 Manfaat Penulisan ..................................................................................4
1.5 Sistematika Penulisan .............................................................................5

BAB II LANDASAN TEORI...........................................................................7
2.1 Pengertian Akuntansi..............................................................................7
2.2 Pengertian Prakerin ...............................................................................8
2.3 Tujuan Prakerin......................................................................................8
2.4 Manfaat Prakerin...................................................................................9
2.5 Hubungan Antara Kegiatan Yang Dilakukan Selama Prakerin Dengan Mata Pelajaran Di Sekolah.............................................................................................9

BAB III TINJAUAN UMUM ........................................................................11
3.1 Sejarah Bank Jabar ..............................................................................11
3.1.1 Visi, Misi Dan Tujuan Organisasi.........................................................12
3.2 Organisasi Perusahaan...........................................................................13
3.2.1 Pemimpin Cabang ..............................................................................13
3.3 Menejemen Perusahaan............................................................................16
3.3.1 Hari Kerja dan Jam Kerja..................................................................16
3.3.2 Karyawan..........................................................................................17
3.4 Bidang Usaha........................................................................................17
3.4.1 Penghimpunan Dana...........................................................................17
3.4.2 Jasa-Jasa Bank....................................................................................18
3.5 Struktur Organisasi ...............................................................................19

BAB IV PEMBAHASAN ...............................................................................20
4.0 Kegiatan Selama Prakerin......................................................................20

BAB V PENUTUP ........................................................................................30
5.1 Simpulan ...............................................................................................30
5.2 Saran ....................................................................................................32





BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dewasa ini, perkembangan dunia kerja dan industri berkembang dengan sangat cepatnya. Tanpa kita sadari perkembangan tersebut memaksa kita untuk mempersiapkan diri sejak dini agar mampu menghadapi persainagn di dunia kerja dan industri. Untuk menghadapi persaingan tersebut tentunya dibutuhkan bekal dan persiapan yang matang. Persiapan yang dibutuhkan diantaranya adalah sikap profesionalisme berupa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan serta keahlian dibidang-bidang tertentu sehingga dengan hal itu diharapkan mampu menjadi tenaga kerja yang dapat melaksanakan tugas pekerjaan yang ada dengan cepat, tepat dan teratur.
Sekolah sebagai sarana dan prasarana pendidikan tentu menjadi bagian utama dalam membentuk dan mempersiapkan siswa/siswi agar mampu mencapai tujuan tersebut. Maka dari itu sangat dibutuhkan sarana dan prasarana pendidikan yang sekaligus dapa melatih siswa/siswi untuk mengenal dan mempelajari dunia kerja dan industri.
Oleh karena itu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat diperhatikan oleh pemerintah kita. Karena SMK dianggap sebagai sebuah sarana pendidikan yang diharapkan dapat membentuk siswa/siswi yang terampil, kreatif, inovatif dan mampu menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin keras.
SMK Negeri 1 Bojonggede sebagai salah satu SMK yang ada di Kabupaten Bogor tentunya turut serta dalam menjadikan siswa-siswinya untuk siap menghadapi tantangan dunia kerja di era globalisasi seperti sekarang ini.
Mengikuti garis kebijaksanaan Departemen Pendidikan Nasional tentang pelaksanaan Program Pendidikan Praktek Kerja Industri atau yang biasa disebut Prakerin dan diberlakukannya kurikulum edisi 1991 sebagai salah satu kurikulum yang disempurnakan yang mempunyai tujuan menyiapkan tenaga kerja atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan yang memiliki kompetensi, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi seta mampu menghasilkan produk unggul.
Berangkat dari hal itu, didalam SMK tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau Praktek Kerja Indusri yang biasa disebut Prakerin. Prakerin adalah kegiatan praktek bagi siswa/siswi SMK dalam mengenal dunia kerja dengan cara terjun langsung kedalamnya. Hal tersebut bertujuan agar ketika siswa/siswi nantinya telah tamat dan lulus dari sekolah, diharapkan dapat langsung menyesuaikan diri dan tidak canggung lagi dalam berkerja.
Untuk hal itu tentunya dibutuhkan media pengetahuan untuk mempelajari, mengenal dan menjadi referensi dalam Praktek Kerja Industri.
Oleh karena itu selain untuk menjadi media penambah pengetahuan tentang Praktek Kerja Industri, tujuan dari penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII akuntansi SMK Negeri 1 Bojonggede. Penulis juga berharap lewat “Laporan Hasil Prakerin” yang sederhana ini dapat menambah pengetahuan kita tentang Prakerin dan dapat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan.
Dalam laporan ini penulis akan mengkaji tentang kegiatan selama Prakerin siswa SMK Negeri 1 Bojonggede kelas XII akuntansi di Bank Pembangunan Daerah Jawa dan Banten (Bank Jabar Banten) cabang Bogor.

1.2 Rumusan dan Batasan Masalah

a) Rumusan Masalah

- Apakah pengertian Prakerin?
- Apakah manfaat dan tujuan dari kegiatan Prakerin?
- Apakah dasar yang melandasi kegiatan Prakerin?
- Bagaimana kegiatan Prakerin siswa/siswi SMK Negeri 1Bojonggede di Bank Jabar Banten Cabang Bogor?

b) Batasan Masalah 

- Latar belakang kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin).
- Pengertian,dasar hukum, manfaat dan tujuan dari kegiatan Prakerin.
- Kegiatan siswa/siswi selama kegiatan Prakerin.
- Sejarah Bank Jabar Banten Cabang Bogor.
- Organisasi perusahaan.

1.3 Tujuan Penulisan
 
Adapun maksud dan tujuan penulis dalam makalah ini yaitu:

1. Sebagai salah satu syarat mengikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (UAN/UAS)
2. Untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia kelas XII akuntansi SMK Negeri 1 Bojonggede
3. Meluaskan pandangan siswa terhadap jenis kerja yang terdapat di tempat praktek khususnya di Bank Jabar Banten cabang Bogor
4. Untuk melaporkan kegiatan siswa selama melaksanakan Prakerin di Bank Jabar Banten cabang Bogor
5. Menambah daya kreatif dan sarana latihan dalam bentuk karya tulis
6. Sebagai kajian mengembangkan proses serta data yang diperoleh selama melakukan program PSG dapat diungkapkan dalam karya tulis dan sesuai yang telah diterapkan disekolah.
7. Menjadi media dan tolak ukur untuk penulisan-penulisan dimasa mendatang.

1.4 Manfaat penulisan

a. bagi siswa
- Menambah nilai tugas bahasa Indonesia dalam membuat dan menyusun lapoaran
- Menambah penetahuan dan pengalaman dalam membuat dan menyusun laporan
- Menjadi tolak ukur untuk penulisan-penulisan dimasa depan yang akan datang.

b. bagi pembaca
- Menambah pengetahuan tentang Bank Jabar Banten cabang Bogor.
- Menambah pengetahuan tentang Prakerin.
- Sebagai sarana informasi kegiatan Prakerin siswa SMK Negeri 1 Bojonggede di Bank Jabar Banten cabang Bogor.
- Menambah pengetahuan dan menjadi referensi penulisan laporan bagi yang membutuhkan.

1.5 Sistematika Penulisan

Kata Pengantar
Identitas Siswa
Identitas Perusahaan
Lembar Pengesahan Perusahaan
Lembar Pengesahan Sekolah
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan dan Batasan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
1.4 Manfaat Penulisan
1.5 Sistematika Penulisan

BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Prakerin
2.2 Tujuan Prakerin
2.3 Manfaat Prakerin

BAB III TINJAUAN UMUM
3.1 Sejarah Bank Jabar
3.2.1 Visi, Misi Dan Tujuan Organisasi
3.2 Organisasi Perusahaan
3.2.1 Pemimpin Cabang
3.3 Menejemen Perusahaan
3.3.1 Hari Kerja dan Jam Kerja
3.3.2 Karyawan
3.4 Bidang Usaha
3.4.1 Penghimpunan Dana
3.4.2 Jasa-Jasa Bank

BAB IV PEMBAHASAN
5.0 Kegiatan Selama Prakerin

BAB V PENUTUP
5.1 Simpulan
5.2 Saran





BAB II LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Akuntansi

Menurut panitia istilah (commitee on terminologi) dari ”American Institut Of Certified Public Accountans”, akuntansi adalah seni daripada pencatatan, penggolongan dari peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam uang. Transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat finansial dan penafsiran daripada hasil-hasilnya.

Akuntansi meliputi:
 Pencatatan.
 Penggolongan.
 Peringkasan.
 Penafsiran.

Dalam proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penafsiran akuntansi didasari oleh beberapa prinsip, diantaranya:

1. Harga Perolehan (Cost)
Pencatatan atau penilaian terhadap kekayaan kecuali (kas, piutang, persediaan), baik pada saat bertambah maupun berkurang berdasarkan harga perolehan.

2. Hati-Hati (Konservatif)
Dalam menyusun laporan keuangan (neraca dan perhitungan laba rugi) hendaknya tidak mencatat/mengakui laba yang belum terealisir, tetapi hendaknya mencatat/mengakui rugi yang mungkin akan terjadi meskipun belum terealisir.

3. Lengkap (Completeness)
Dalam menyusun laporan keuangan ( neraca dan perhitungan laba rugi) hendaknya mencantumkan semua hal-hal agar laporan tersebut memberi informasi yang lengkap tentang kedaan perusahaan yang bersangkutan.

4. Tetap (Consistency)
Suatu metode pencatatan yang telah dipilih hendaknya tetap dipakai.

5. Cukup Berarti (Materiality)
Pencatatan didasarkan atas nilai yang cukup berarti.

6. Penentuan laba rugi (propermatching of expenses and revenues)
Laba rugi suatu periode harus ditetapkan berdasarkan pendapatan-pendapatan dikurangi biaya-biaya periode yang lama.

7. Dapat Dimengerti (Understan Capability)
Informasi keuangan dari suatu proses sebuah akuntansi, akan digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Oleh sebab itu informasi tersebut harus disusun sedemikian rupa hingga dapat dimengerti.

8. Kesatuan Unit Usaha (Entity)
Setiap perusahaan terpisah dari pemilik perusahaan lain.


2.2 Pengertian Prakerin

Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) pada dasarnya merupakan suatu upaya untuk dapat meningkatkan semua siswa SMK dengan mengoptimalkan kondisi dan sumber daya yang tersedia sehinnga penyelenggaraan pendidikan model konvensional secara bertahap menuju ke model dunia kerja.
Jadi, Prakerin adalah proses pembelajaran dan pelatihan bagi siswa/siswi SMK pada instansi-instansi terkait untuk menambah pengetahuan dan merasakan dunia kerja dengan cara terjun langsung kedalamnya.

2.3 Tujuan Prakerin

Tujuan dari kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah sebagai berikut:

1. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan disekolah terutama bertujuan untuk membekali peserta diklat mengembangkan kepribadian, potensi akademi dan dasar-dasar keahlian yang kuat dan benar melalui pembelajaran normatif, adaptif dan produktif.

2. Pendidikan dan pelatihan di dunia kerja terutama bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta menguasai kompetensi keahlian produktif standar, menginternalisasi sikap nilai dan budaya industri yang berorientasi kepada stansar mutu, nilai-nilai ekonomi dan jiwa kewirausahaan, serta membentuk etos kerja yang kritis, produktif dan kompetitif.

2.4 Manfaat Prakerin

Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan Prakerin antara lain sebagai berikut:
1. Menambah pengetahuan siswa tentang praktek kerja secara langsung.
2. Melatih siswa untuk siap menghadapi dunia kerja setelah tamat dan lulus dari sekolah nantinya.
3. Menumbuhkan sikap disiplin dan meningkatkan etos kerja serta tanggung jawab terhadap pekerjaan.
4. Menjadikan perbandingan antara teori yang didapat di sekolah dengan keadaan yang sebernarya.
5. Dapat mempelajari dan berkerjasama dengan lingkungan yang berbeda.

2.5 Hubungan Antara Kegiatan Yang Dilakukan Selama Prakerin Dengan Mata Pelajaran Di Sekolah.

 Berkerjasama dengan kondisi lingkungan yang berbeda atau kolega dan pelanggan.
Tanpa kita sadari, kegiatan praktek kerja industri ini membuat kita melakukan komunikasi baik terhadap rekan kerja dan pelanggan baik secara langsung maupn menggunakan media-media tertentu. Kegiatan komunikasi ini telah terdapat pada pelajaran berkomunikasi dengan liongkungan yang berbeda dan juga pada pelajaran kolega dan pelanggan. Pada kegiatan Prakerin, kita dituntut langsung untuk berkomunikasi dengan baik serta memberikan pelayanan prima kepada pelanggan maupun rekan kerja.
 Melayani Pembayaran Pajak.
Kegiatan ini tentunya sangat berkaitan erat dengan mata pelajaran pajak di sekolah. Kegiatan ini dimulai dari menerima berkas Surat Setoran Pajak (SSP) dari nasabah untuk kemudian diperiksa dari segi kelengkapan dan kejelasan pengisian serta kecocokan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sehingga berkas tersebut dinyatakan benar dan dianggap sudah mencukupi persyaratan pembayaran pajak di Bank Jabar Banten Cabang Bogor.

 Menerima dan Memproses Berkas
Kegiatan ini adalah kegiatan yang berhubungan dengan mata pelajaran produktif akuntasi di sekolah. Hal itu karena pada kegiatan tersebut dibutuhkan ketelitian sebagaimana dalam prinsip akuntansi itu sendiri yang bertujuan agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Setelah berkas-berkas tersebut diperiksa maka berkas-berkas tersebut kemudian diberikan kepada bagian-bagian yang membutuhkannya untuk dilakukan proses selanjunya.

 Memisahkan Berkas Berkas dan Mengarsipkannya.
Kegiatan ini berkaitan dengan mata pelajaran produktif akuntansi si sekolah. Karena sama-sama kita ketahui bahwa setiap berkas-berkas yang ada itu memiliki fungsi yang berbeda dan harus diletakan pada tempat-tempat yang berbeda pula agar mempermudah dalam pencariannya. Pengarsipan ini juga berfungsi untuk apabila suatu saat terjadi kesalahan, kita dapat melihat kembali bukti transaksi kejadiannya dari berkas yang telah kita arsipkan tadi.

 Menghitung Jumlah Penerimaan Dari Transaksi Yang Terjadi.
Kegiatan ini berhubungan dengan mata pelajaran produktif akuntansi di sekolah. Karen kegiatan ini adalah kegiatan menghitung jumlah peneriamaan yang masuk dari berkas-berkas yang ada secara manual untuk disamakan dengan jumlah perhitungan hasil komputerisasi. Hal ini bertujuan agar jumlah perhitungan manual sama dengan jumlah hasil komputerisasi dan jumlahnya sama dengan jumlah berkas/data yang ada.

 Menyusun Laporan Penerimaan Harian (LHP)
Kegiatan tersebut berkaitan dengan mata pelajaran produktif akuntansi. Kegiatan ini dilakukan setelah dilakukan perhitungan penerimaan dan didapatkan hasil yang sesuai. Pelaporan ini sangat diperlukan karena merupakan tujuan akhir dari proses-proses yang dilakukan sebelumnya.




BAB III TINJAUAN UMUM

3.1 Sejarah Perusahaan

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat adalah Bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten bersama-sama dengan Pemerintah Kota/Kabupaten se-Jawa Barat dan Banten, pendiriannya dilatarbelakangi oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 33 tahun 1960 tentang penentuan perusahaan di Indonesia milik Belanda yang dinasionalisasi yaitu NV Denis (De Erste Nederlansche Indische Shareholding) yang sebelumnya perusahaan tersebut bergerak di bidang bank hipotek. Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah nomor 33 tahun 1960 Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Akta Notaris Noezar nomor 152 tanggal 21 Maret 1961 dan dikukuhkan dengan Syarat Keputusan Gubernur Provinsi Jawa Barat nomor 7/GKDH/BPD/61 tanggal 20 Mei 1961, mendirikan PT. Bank Karya Pembangunan dengan modal dasar untuk pertama kali berasal dari kas daerah sebesar Rp.2.500.000,00.
Untuk menyempurnakan kedudukan hukum Bank Karya Pembangunan Daerah Jawa Barat, dikeluarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 11/PD-DPRD/72 tanggal 27 Juni 1972 tentang kedudukan hukum Bank Karya Pembangunan Daerah Jawa Barat sebagai perusahaan daerah yang berusaha dibidang perbankan.
Selanjutnya melalui Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat nomor 1/DP-040/PD/1978 tanggal 27 Juni 1978, nama PD. Bank Karya Pembangunan Daerah Jawa Barat diubah menjadi Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat.
Pada tahun 1992, aktivitas Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat ditingkatkan menjadi Bank Umum Devisa berdasarkan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor 25/84/KEP/DIR tanggal 2 November 1992 serta berdasarkan PERDA Nomor 11 Tahun 1995 mempunyai sebutan “Bank Jabar” dengan logo baru.
Dalam rangka mengikuti perkembangan perekonomian dan perbankan, maka berdasarkan PERDA Nomor 22 Tahun 1998 dan Akta Pendirian Nomor 4 Tanggal 8 April 1999 berikut Akta Perbaikan Nomor 8 Tanggal 15 April 1999 telah disahkan oleh Menteri Kehakiman RI tanggal 16 April 1999, bentuk hukum Bank Jabar diubah dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan Terbatas (PT).
Dalam rangka memenuhi permintaan masyarakat akan jasa layanan perbankan yang berlandaskan Syariah, maka sesuai dengan izin Bank Indonesia No. 2/18/DpG/DPIP tanggal 12 April 2000, sejak tanggal 15 April 2000 Bank Jabar menjadi Bank Pembangunan Daerah pertama di Indonesia yang menjalankan dual banking system, yaitu memberikan layanan perbankan dengan system konvensional dan dengan system Syariah.
Untuk memenuhi keleluasaan dalam melaksanakan ekspansi usaha, berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan pada tanggal 16 April 2001, disetujui peningkatan modal Bank Jabar menjadi Rp. 1 Triliun. Selanjutnya berdasarkan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan pada tanggal 14 April 2004 dengan Akta no. 10 tanggal 14 April 2004, modal dasar Bank Jabar dinaikkan dari Rp. 1 triliun menjadi Rp. 2 triliun. Melihat perkembangan yang terus meningkat dan prospek usaha yang terus membaik maka pada Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 5 April 2006 ditetapkan bahwa modal dasar Bank Jabar naik dari Rp. 2 triliun menjadi Rp. 4 triliun.

3.1.1 Visi, Misi, dan Tujuan Organisasi

Bank Jabar didirikan dengan maksud melalui aktivitasnya membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan pemerataan pembangunan daerah disegala bidang agar tercapai peningkatan taraf hidup rakyat. Bank Jabar salah satu alat kelengkapan otonomi daerah di bidang keuangan /perbankan dan menjalankan usahanya sebagai Bank Umum. Sebagai alat kelengkapan Otonomi Daerah Bank Jabar mempunyai tugas antara lain ;
a. Penggerak dan pendorong laju pembangunan di daerah.
b. Pemegang Kas Daerah dan atau melaksanakan penyimpanan uang daerah.
c. Salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah.

Ada pula misi dari Bank Jabar Cabang yaitu, “memasarkan produk dan jasa Bank dengan layanan prima, prudent dan menguntungkan dalam menunjang terwujudnya Bank yang berkembang dengan cara sehat, dinamis, mandiri dan terpercaya dan mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap pendapatan asli daerah.”

3.2 Organisasi Perusahaan

Tugas, tanggung jawab dan wewenang dari masing-masing jabatan antara lain :

3.2.1 Pemimpin Cabang
1. Memimpin dan menyelenggarakan koordinasi dalam pelaksanaan tugas-tugas pimpinan cabang dan melakukan pembinaan serta pengendalian secara langsung kepada bagian pemasaran, bagian pelayanan dan administrasi serta kantor cabang pembantu.
2. Memantau serta mengendalikan penerapan manajemen resiko dalam pengelolaan operasional dan bisnis cabang.
3. Merencanakan, mengembangkan, melaksanakan serta mengelola bisnis manajerial cabang, meliputi ;
 Mengelola pelaksanaan system dan prosedur
 Merencanakan, mengembangkan, melaksanakan serta mengelola bisnis di daerah kerja cabang.
 Merencanakan, mengembangkan, melaksanakan serta mengelola layanan unggul kepada nasabah.
 Mengelola uang/kas daerah
 Memberikan kontribusi laba yang nyata terhadap upaya pencapaian laba bank secara keseluruhan.
 Memberikan kontribusi yang nyata untuk mendorong pemberdayaan ekonomi.
 Melaksanakan kepatuhan terhadap system dan prosedur, peraturan Bank Indonesia serta peraturan perundang-undangan, serta peraturan intern lainnya yang berlaku.
 Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, fungsi serta kegiatannya.
1. Bagian Pemasaran
Bagian pemasaran dibagi menjadi empat divisi yaitu sebagai berikut ;
1. Pemimpin Seksi Pemasaran Dana & Jasa
 Ass. Pemasaran Dana & Jasa DN
 Ass. Pemasaran Dana & Jasa LN
2. Pemimpin Seksi Pemasaran Kredit
 Ass. Pemasaran Kredit DN & LN
 Ass. Analis Kredit Komersial
3. Pemimpin Seksi Kredit Standar
 Ass. Analis Kredit Konsumtif
 Ass. Analisa Kredit Program
 Ass. Adm. Kredit Mikro
4. Pemimpin Seksi Supervisi Kredit
 Ass. Supervisi Kredit
 Ass. Hukum Perkreditan
 Ass. Penilaian Agunan
 Ass. Analisa Penyelesaian Kredit
 Ass. Penagihan Kredit
• Secara keseluruhan, Bagian Pemasaran memiliki tugas & tanggung jawab sebagai berikut :
 Mengelola pelaksanaan system dan prosedur bidang pemasaran.
 Mengelola penerapan manajemen resiko dalam bidang pemasaran.
 Melakukan serta mengembangkan pemasaran produk dan jasa bank.
 Menyusun dan merumuskan potensi pemasaran produk dan jasa bank di daerah kerja cabang.
 Memproses permohonan serta megelola kredit komersial.
 Memproses permohonan serta mengelola kredit konsumtif
 Memproses permohonan serta mengelola kredit program.
 Memproses permohonan serta mengelola kredit kecil & mikro.
 Merencanakan serta mengelola penyelamatan dan penyelesaian kredit bermasalah dan kredit hapus buku.
 Melaksanakan penilaian terhadap agunan kredit.
 Melakukan analisis manajemen resiko kredit.
 Mengelola pelaksanan prinsip kehati-hatian dan kepatuhan terhadap system dan prosedur, peraturan Bank Indonesia, peraturan Perundang-undangan serta intern bank lainnya yang berlaku.
 Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, fungsi serta kegiatannya.
2. Bagian Pelayanan Administrasi
Bagian Pelayanan Administrasi terbagi menjadi tiga divisi yaitu sebagai berikut ;
1) Pemimpin Seksi Pelayanan
 Ass. Customer service
 Ass. Pengaduan Nasabah
 Ass. Pelayanan Transaksi Jasa LN lainnya
 Teller Kepala
 Teller
 Ass. Payment Point
2) Pemimpin Seksi Administrasi Kredit, Dana dan Jasa
 Ass. Adm. Kredit Komersial
 Ass. Adm. Kredit Standar
 Ass. Adm. Kredit Program
 Ass. Laporan Kredit
 Ass. Adm. Dana
 Ass. Adm. Jasa
 Ass. Adm. Kliring
3) Pemimpin Seksi Akuntansi, SDM dan Umum
 Ass. Akuntansi
 Ass. Verifikasi
 Ass. EDP
 Ass. Umum dan Sekretaris
 Ass. Kearsipan
• Secara keseluruhan, Bagian Pelayanan dan Administrasi memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
 Mengelola pelaksanaan sistem dan prosedur bidang pelayanan dan administrasi
 Mengelola penerapan manajemen risiko dalam bidang pelayanan dan administrasi
 Merencanakan serta mengembangkan serta mengelola pelayanan unggul kepada nasabah
 Menyediakan informasi produk dan jasa Bank
 Mengelola pelayanan pembukaan dan penutupan rekening serta transaksi tunai
 Mengelola pengaduan nasabah
 Mengelola transaksi kartu ATM, kartu Debet dan kartu Kredit
 Mengelola uang/ kas daerah
 Mengelola pelayanan transaksi jasa luar negeri (L/C Ekspor/Impor dan transaksi jasa lainnya)
 Mengelola pendayagunaan kas dan alat Likuid secara optimal
 Mengelola administrasi kredit serta laporan pengkreditan
 Mengelola administrasi Dana, Jasa, Pajak, Kliring, dan BI-RTGS
 Mengelola akuntansi dan pengendalian keuangan cabang
 Mengelola Logistik, kerumahtanggaan, kearsipan dan administrasi umum lainnya
 Melaksanakan prinsip kehati-hatian dan kepatuhan terhadap sistem dan prosedur, peraturan Bank Indonesia, peraturan Perundang-undangan serta peraturan intern lainnya yang berlaku
 Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, fungsi serta kegiatannya.

3.3 Manajemen Perusahaan

3.3.1 Hari kerja dan jam kerja
Seluruh karyawan baik dari pemimpin cabang sampai dengan pelaksana memiliki hari dan jam kerja yang sama yaitu senin sanpai dengan jum’at dari jam 07.30 sampai dengan 16.30.

3.3.2 Karyawan
Perusahaan menyadari bahwa sumber daya manusia merupakan aset utama yang mendukung sasaran utama perusahaan menjadi yang terbaik dalam dunia perbankan. Bank Jabar Cabang Bogor menjalankan operasional perusahaan didukung oleh 47 orang karyawan karyawan yang terdiri atas 33 karyawan Bank Jabar dan 14 orang tenaga kontrak.

3.4 Bidang Usaha
Dalam mencapai visi, misi dan fungsinya, Bank Jabar melakukan aktivitas usaha sebagai berikut :

3.4.1 Penghimpunan Dana
Dilakukan melalui produk-produk sebagai berikut :
1. Giro (dalam Rupiah maupun Valas)
2. Tabungan :
- TANDAMATA (Tabungan anda Masa Datang)
- SIMPEDA (simpanan Pembangunan Daerah)
- Jabar Okey
- TABAH (Tabungan Ibadah Haji)
3. Deposito :
- Deposito Berjangka Rupiah & Valas
- Deposito Berjangka Diskonto
- Sertifikat Deposito
4. Surat Berharga yang diterbitkan :
- Obligasi
Penghimpunan Dana melalui pola Syariah meliputi :
5. Giro Wadiah
6. Tabungan :
- Wadiah
- Mudharabah
7. Deposito Mudharabah

3.4.2 Jasa-Jasa Bank
Untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat, Bank Jabar memberikan jasa-jasa sebagai berikut :
• Kiriman Uang
• Inkaso
• Jaminan Bank (Garansi Bank)
• Penerimaan Pembayaran Rekening PDAM dan Pajak

Penyaluran Kredit/ Pembiayaan melalui pola syariah antara lain sebagai berikut :
• Jasa Pelayanan Pembayaran BPIH
• Gadai Emas

Dalam rangka membantu dan meningkatkan kelancaran kegiatan ekspor/ impor khususnya di daerah Jawa Barat, transaksi devisa yang dapat dilayani :
1. Bidang Ekspor/ Impor :
• Pembukaan Letter of Kredit (L / C)
• Pembiayaan Kredit Ekspor / Impor
• Penerimaan Pajak
2. Jasa-jasa Luar Negeri Lainnya :
• Giro Valas
• Deposito Valas
• Transfer dan Inkaso dalam valuta asing
• Jual beli valuta asing





Tanggal Waktu Kegiatan Mulai Selesai
 
15 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Mengarsipkan Surat Tanda Setoran (STS) Pemda
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)

16 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax

17 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak

18 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak

19 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Memfotocopy dan mengirim fax
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Mengisi jurnal pada prima nota pajak

22 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Memfotocopy dan mengirim fax

23 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas

24 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Merekonsiliasi Daftar Angsuran Pensiun
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Mengisi bend IX (Buku Kas) ke prima nota
Memproses berkas pembagian BPHTB

25 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memisahkan Neraca Harian
Mengisi bend IX (Buku Kas) ke prima nota
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

26 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Merekonsiliasi Daftar Angsuran Pensiun
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Menyiapkan Laporan Harian Penerimaan (LHP) PBB, membuat slip setoran, dan menyetorkan uangnya kepada teller
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

29 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

30 juni 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax

01 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Memproses berkas pembagian BPHTB
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

02 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Menyiapkan Laporan Harian Penerimaan (LHP) PBB, membuat slip setoran, dan menyetorkan uangnya kepada teller
Memisahkan STTS PBB
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

03 juli 2009 07.00 WIB 18.00 WIB
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas pembagian-pelimpahan PBB dan pelimpahan BPHTB
Menyiapkan Laporan Harian Penerimaan (LHP) PBB, membuat slip setoran, dan menyetorkan uangnya kepada teller
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

06 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Menyiapkan Laporan Harian Penerimaan (LHP) PBB, membuat slip setoran, dan menyetorkan uangnya kepada teller

07 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Memfotocopy dan mengirim fax
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

09 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memfotocopy dan mengirim fax
Memisahkan STTS PBB

10 juli 2009 06.20 WIB 18.00 WIB
Memisahkan STTS PBB BANK MANDIRI
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Memproses berkas pembagian-pelimpahan PBB dan pelimpahan BPHTB
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

13 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menerima pembayaran PBB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

14 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Menyiapkan Laporan Harian Penerimaan (LHP) PBB, membuat slip setoran, dan menyetorkan uangnya kepada teller
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

15 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas pembagian BPHTB
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

16 juli 2009 07.00 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Menyiapkan Laporan Harian Penerimaan (LHP) PBB, membuat slip setoran, dan menyetorkan uangnya kepada teller
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

17 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memproses berkas pembagian-pelimpahan PBB dan pelimpahan BPHTB

21 juli 2009 06.45 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

22 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas pembagian BPHTB
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

23 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Memfotocopy dan mengirim fax
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

24 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Berkomunikasi melalui telepon
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memproses berkas pembagian-pelimpahan PBB dan pelimpahan BPHTB

27 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax

28 juli 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak

29 juli 2009 07.10 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses warkat atau Bilyet Giro dari nasabah
Memproses berkas pembagian BPHTB
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

30 juli 2009 07.45 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memisahkan STTS PBB

31 juli 2009 07.40 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Merekon STS
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memproses berkas pembagian-pelimpahan PBB dan pelimpahan BPHTB

03 agustus 2009 07.10 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memfotocopy dan mengirim fax

04 agustus 2009 07.45 WIB 17.30 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memfotocopy dan mengirim fax

05 agustus 2009 08.00 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

06 agustus 2009 07.10 WIB 17.50 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

07 agustus 2009 07.30 WIB 18.00 WIB
Menyiapkan Sampul Jurnal Pajak, Kasda, dan Entry Data Processing (EDP)
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

10 agustus 2009 06.20 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

11 agustus 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak

12 agustus 2009 06.20 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak

13 agustus 2009 06.30 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Menulis jurnal pada Prima Nota Pajak
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Memisahkan STTS PBB

14 agustus 2009 07.00 WIB 18.00 WIB
Memproses berkas Surat Setoran Pajak (SSP)
Memproses berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
Menerima pembayaran PBB
Memberi cap pada berkas-berkas
Memisahkan berkas-berkas
Memfotocopy dan mengirim fax
Memproses berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP) Pajak
Memproses berkas pembagian-pelimpahan PBB dan pelimpahan BPHTB
- Menyiapkan Laporan Harian Penerimaan (LHP) PBB, membuat slip setoran, dan menyetorkan uangnya kepada teller





BAB IV PENUTUP

5.1 Simpulan

Dengan berakhirnya Praktek Kerja Industri (Prakerin) siswa/siswi SMK Negeri 1 Bojonggede yang terhitung mulai tanggal 15 juni 2009 sampai dengan 14 agustus 2009, banyak hal yang diperoleh penyusun dari kegiatan tersebut, hal-hal tersebut antara lain:

1) yang menjadi dasar hukum Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah UU No. 2 tahun 1999 tentang sistem pendidikan nasional dan PP No. 2 tahun 1992 tentang peranan pendidikan menengah serta PP No. 39 tahun 1992 tentang peranan masyarakat dalam pendidikan nasional dan kepmendikbud No. 080/U/1993 tentang kurikulum SMK.
2) Prakerin adalah kegiatan belajar sekaligus menjadi sarana pelatihan dalam mengenal dunia kerja secara langsung dengan cara ikut serta dalam ruang linkup dunia kerja tersebut.

3) Tujuan dari kegiatan Prakerin adalah:
a. mengembangkan keterampilan siswa/siswi yang meliputi pengetahuan keterampilan dan etos kerja sehingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dan keterampilan yang profesional.
b. Memudahkan penembangan karir dan keterampilan melalui eksplorisasi di tempat kerja.
c. Mengembangkan dan mendewasakan pribadi siswa/siswi melalui pengembangan kerja.

4) kegiatan yang dilakukan atau diperoleh selama melakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin) antara lain:
a. melayani pembayaran pajak.
b. Menerima, memeriksa, memproses dan mengarsipkan berkas pajak.
c. Memeriksa dan memproses berkas-berkas yang berhubungan dengan kas daerah, seperti:
- surat perintah pencairan dana (SP2D)
- surat tanda setoran (STS)

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten atau yang biasa dikenal Bank Jabar Banten adalah bank milik pemerintah provinsi Jawa Barat dan Banten yang bersama-sama dengan pemerintah kabupaten/kota se-Jawa Barat dan Banten yang bertugas mengelola kas daerah dan melayani masyarakat dengan menjadi bank pertama yang menjalankan “Dual Banking System”, yaitu memberikan layanan dengan sistem konvensional dan dengan sistem syariah.

5.2 Saran 

Tiada kata yang paling indah selain ucapan syukur kepada Allah SWT atas selesainya laporan hasilk praktek kerja industri ini. Setelah banyak hal yang dialami dan dirasakan penyusun, penyusun ingin mengungkapkan beberapa hal yang mungkin dapat membantu dan menjadikan perubahan yang lebih baik lagi dimasa mendatang. Hal tersebut diantaranya:

- sebelum melaksanakan kegiatan praktek kerja industri (Prakerin), siswa/siswi hendaknya mempersiapkan diri baik dari segi jasmani maupun rohani sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar.

- Pembimbing di sekolah diharapkan mampu mempersiapkan dan membekali calon peserta Prakerin agar mampu melaksanakan kegiatan tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

- Untuk lancarnya kegiatan Prakerin hendaknya siswa/siswi agar dibekali melalui proses belajar yang lebih terarah ke dunia kerja dan dengan fasilitas yang lebih memadai.

- Ciptakan suasana yang bersahabat dan nyaman di dunia kerja dan indusri sehingga dapat meningkatkan etos kerja.

Demikianlah simpulan dan saran yang dapat penyusun sampaikan. Apabila ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati mohon dapat dimaklumi dan dibukakan pintu maaf.
Akhirnya penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak sekolah dan instansi yang telah bekerjasama dalam kegiatan praktek kerja industri siswa/siswi SMK Negeri 1 Bojonggede di Bank Jabar Banten Cabang Bogor. Semoga kerjasama ini tetap dapat berlangsung untuk menciptakan siswa/siswi yang siap kerja dan unggul dibidangnya masing-masing.

1 komentar:

  1. wih ka enjum laporan pkl nya manteb banget :)

    sekarang smkn 1 bojonggede nggak ada yang pkl di tempat kaka tapi, jadi gabisa di contek haha

    BalasHapus